Sabtu, 29 September 2012

kalah


Kegagalan Yang Tertunda
Mungkin jika waktu itu, aku bisa mewujudkan apa yang aku inginkan. Dan aku pulang dengan medali emas berkalung di leherku, mungkin kini aku masih dalam rasa bangga, dan sombong. Aku akan mengeluh-eluhkan diriku, membusungkan dadaku, dan berkata "ini hanya kebetulan saja" gayanya sokk merendah 
ketika banyak yang bilang "ajiiib......kamu hebat banget" "salut buat kamu", mungkin bibir pada saat menerima pujian itu bisa bersilat dengan mengatakan bahwa apa yang tergenggam bukan kehebatannya, melainkan nasib baik saja, tapi jauh di hatinya, kesombongan tertawa terbahak, merajalela, merasa seakan dirinya hebat tak terkalahkan.
Namun yang terjadi kini aku pulang dengan tangan hampa, tak secuil penghargaan aku sembahkan, kecewa dalam, tapi, yah....semua telah terjadi, aku harus bisa menerima kekalahan itu. Sehingga ketika semua mencoba menghibur rsa kecewaku menerima satu kegagalan "gak papa, kegagalan itu kesuksesan yang tertunda" "kamu tetap hebat kok, kan udah bisa masuk final" lalu bibir ini dengan pandainya menjawab "Ya memang aku nggak bisa apa-apa, jadi pantaslah kalau kalah", nada terus merendah, seakan terus merasa dirinya memang berhak dan pantas menerima kekalahan ini, menampakkan sifat lemahnya, sehingga dia akan dipandang sebagai diri yang menyadari akan kelemahannya, menampakkan wajah tawakkal, menerima, agar dicap sebagai hamba yang terus bersyukur. Tapi tak apa, masih mending, merasa dirinya lemah, meski hana di bibir.
Bahkan yag parah, sudah kalah, malah merasa dirinya tidak pantas menerima kekalahan ini, sebab dia merasa berhak memperoleh satu kesuksesan, merasa dia sudah mampu, tidak mau mengakui kelemahannya, dia tak tahu dan tak mau tahu bahwa dia itu bodoh.
Satu pelajaran, manusia diberi kemenangan, sombong. dua diberi kekalahan, bibir merasa lemah, tapi hati tetap sombong. Tiga, hati dan bibir tak mau mengakui bahwa dia lemah, dia bukan siapa-siapa.
Jadi, mulai saat ini, aku harus jadi hamba yang jujur, hamba yang tahu diri,aku hanya diperintah untuk melakukan sesuatu, aku sama sekali tak memliki hak mendapatkan sesuatu atas apa yang kukerjakan dari perintahnya, dikasih pahala berarti itu anugrah dan belas kasihnya, tidak dibalas, ya... Semua itu kuasanya, tak ada yang mampu memaksanya. Aku berlindung dari kemunafikan, dari kemunkaran, jadikan aku hamba yangselalu bersyukur.(adzkroalaqsho) 

3 komentar:

emang ikut Lomba apa ini Mas.....

ya...itu lomba baca puisi di pekan olah raga dan seni antar pesantren daerah jatim POSPEDA kemaren

ya...itu lomba baca puisi di pekan olah raga dan seni antar pesantren daerah jatim POSPEDA kemaren

Posting Komentar